Selasa, 31 Oktober 2017

Goa Jatijajar Tempat Wisata Ikon Kebumen

salah satu ikon wisata di kabupaten kebumen adalah goa jatijajar. Tempat wisata pilihan yang satu  ini merupakan objek wisata alam yang telah mendapat sentuhan modern, tempatnya tidak lagi gelap sebab sudah ada penerangan lampu pln dan jalan di dalamnya juga tidak licin sebab sudah berupa beton tapi keaslian dan keindahan di dalamnya tak berubah.
Stalagtit dan stalagmitnya masih alami dan bentuk dasar gua juga tak berubah. Pengunjung masih bisa merasakan dinginnya berada di dalam tanah.Goa ini mempunyai tidak pendek sekitar 250 meter dan berada lima puluh meter diatas permukaan air laut. Goa jatijajar berada di desa jatijajar kecamatan ayah yang merupakan kecamatan paling barat dari kabupaten kebumen.

Goa jatijajar pertama kali ditemukan pada tahun 1802 oleh seorang petani bernama jayamenawi, yang pada kala itu tanpa sengaja terjatuh ke dalam gua waktu sedang mencari rumput di atas goa. Temuan tersebut kemudian dilaporkan ke penguasa pada waktu itu yang kemudian di eksplorasi lebih lanjut. Lantaran di mulut goa ada dua  buah pohon jati yang tumbuh berjajar sehingga disebutlah goa jatijajar, penamaan goa jatijajar sendiri konon
Goa jatijajat mempunyai keunikan sendiri dibanding dengan goa linnya yakni adanya sungai yang mengalir di dalam goa. Tepatnya ada empat sungai atau yang biasa disebut sendang oleh warga sekitar, 4  sendang tersebut dikenal sebagai:
Sendang Kantil
Sendang Mawar
Sendang Jombor
Sendang Puser Bumi
Dari keempat sendang itu hanya dua  yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yakni sendang mawar dan sendang kantil. Sedangkan sendang jombor dan sendang puser bumi aksesnya ditutup untuk umum sebab letaknya yang agampang untuk dijangkau. Jika pengunjung mau melihat dua  sendang tersebut bisa saja namun harus ditemani oleh juru kunci goa jatijajar yang bakal membimbing untuk sampai kelokasi.
Untuk menuju ke objek wisata goa jatijajar aksesnya sangat tidak sulit, bagi yang menggunakan kendaraan sendiri bisa langsung saja dari jalan raya purwokerto – kebumen belok keselatan di pos polisi sektor ijo menempuh jarak sekitar lima belas km dan sampailah ke lokasi. Sedangkan bagi yang menggunakan moda angkutan umum bisa naik angkutan jurusan jatijajar dari kota gombong, sungguh cukup naik dan sampailah kamu ke lokasi objek wisata goa jatijajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar